Menu Close

Percaya Diri

Dalam model Putnam hubungan antara pelaku ekonomi berkembang dari budaya bersama dan menjadi tertanam dalam ekonomi lokal, yang kemudian membentuk kemungkinan dan menghasilkan fakta jaringan keterlibatan masyarakat. Reputasi yang baik mungkin bisa ditunjukan dari testimoni pelanggan sebelumnya, yang tentunya memberikan keuntungan. Reputasi yang buruk sayangnya akan berkembamg jauh lebih cepat dari reputasi baik. Dan sayangnya pula, reputasi buruk ini bisa dengan mudah mengalahkan reputasi baik dan segala hal lain yang sudah berusaha Anda dapatkan.

Perusahaan yang baik memperlakukan karyawannya dengan baik dan mengajak mereka untuk aktif berpartisipasi dalam strategi perusahaan, sehinggadapat meningkatkan moralitas para karyawan. Keatktifan karyawan dapat memberikan ide-ide kreatif yang belum terpikirkan perusahaan. Perusahaan yang dapat membuat karyawannya bekerja maksimal dan diperlakukan dengan baik akan menarik perhatian calon karyawan yang bagus dan profesional.

Sebab dengan mendengarkan pelanggan dan memahami kebutuhan dan keluhan mereka, akan menjadi bahan untuk toko kita semakin lebih baik. Banyak orang yang merasa tidak percaya diri karena merasa dirinya berbeda dengan orang lain. Jangan takut akan perbedaan karena perbedaan bukanlah sesuatu yang buruk. Perbedaan yang terjadi bukan karena kaum mayoritas itu benar dan Anda salah.

Pentingnya sebuah kepercayaan dalam bisnis

Karyawan yang memiliki etika dan nilai bisnis yang sama cenderung menjadi perwakilan perusahaan yang baik, dan berprestasi dengan cara yang dapat dipercaya. Tidak seorang pun ingin secara sadar melakukan bisnis dengan perusahaan yang memiliki reputasi buruk, terjebak dalam kebohongan, atau terlibat dengan skandal atau tindakan korupsi lainnya. Kesalahan adalah sebuah hal yang wajar dilakukan ketika seseorang tengah belajar. Menjadi tidak wajar jika kesalahan itu dilakukan berulang-ulang, meski sudah mendapat arahan dan bantuan dari atasan. Namun, satu kesalahan kecil sudah mampu membuat orang untuk tidak percaya diri. Karena itulah karyawan butuh bantuan atasan untuk mengembalikan mental mereka yang sudah down.

Meski menjalankan bisnis itu penuh risiko, bukan berarti risiko ini tidak dapat dikelola dengan baik. Demikianlah seterusnya pencitraan demi pencitraan terjadi di mana-mana dalam rangka merebut sebuah kepercayaan. Tidak terkecuali pencitraan terjadi dari berbagai merk barang produk di televisi dalam rangka promosi barang dan pencitraan demi merebut kepercayaan pasar.

Tentunya hal ini dapat merusak reputasi perusahaan Anda dan membawa dampak yang tidak baik bagi bisnis Anda ke depan. Jadi, jika testimoni baik berperan besar dalam kegiatan pemasaran, maka testimoni buruk juga berperan dalam meningkatkan kualitas suatu produk. Oleh karena itu, kita harus bisa mendapatkan testimoni serta mampu bertindak dengan baik demi mencapai tujuan utama perusahaan. Testimoni menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif untuk diterapkan pada semua bidang bisnis karena dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli baru dan sebagai alat pemasaran bisnis gratis.

Hargailah perbedaan pendapat walaupun berbeda atau tidak sesuai dengan apa yang Anda mau. Perhatikan nada bicara dan bahasa tubuh Anda, tunjukan bahwa Anda benar-benar tulus dalam mendengarkan mereka dan bukan cuma sekedar basa-basi. Ezra melewatkan deadline untuk proyek yang penting karena dua anggota timnya tidak memberikan pekerjaan yang diharapkan. Namun, ingat bukan berarti pendapat semua orang dapat diterima begitu saja. Melainkan dengan menumbuhkan diskusi kreatif yang jujur, kritis, berpikiran terbuka dan menghormati pendapat orang lain.

Bagaimanapun juga, inovasi merupakan hal utama yang harus dilakukan seiring waktu demi menjaga kepercayaan konsumen terhadap perusahaan. Melalui coaching, Anda dan tim anda disadarkan dengan tujuan yang jelas. Dengan motivasi yang telah bangkit, karyawan akan membangun rasa percaya diri untuk mengembangkan usaha Anda. Bayangkan jika satu orang saja termotivasi bisa melakukan berbagai cara meningkatkan kinerjanya, apalagi jika seluruh karyawan anda termotivasi dan percaya diri usaha anda akan melaju pesat dengan sendirinya. Jadi, jika pembuktian positif memiliki peran yang besar untuk kegiatan pemasaran, maka testimoni negatif pun berperan dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas suatu produk dari perusahaan.