Menu Close

Pastikan Obat Covid

Direktur Registrasi Obat Badan POM RI Dr. Lucia Rizka Andalusia menjelaskan, ada satu tahapan yang wajib dilakukan sebelum bisa menemukan obat terapi tersebut. Tahapan tersebut yaitu uji klinis untuk membuktikan bahwa obat tersebut memiliki respons terhadap Covid-19. Pemerintah dapat melakukan intervensi atau campur tangan dalam pembentukan harga pasar yaitu melalui pemberian subsidi.

Peran pemerintah dan mekanisme pasar merupakan hal yang bersifat komplementer dengan pelaku ekonomi lainnya. ‘‘Ini kan artinya ruang fiskal untuk menggratiskan vaksin ada sebenarnya, masalahnya secara politik anggaran mau apa tidak? Jika bicara soal prioritas anggaran harusnya sampai 2021 masih fokus pada penanganan kesehatan,‘‘ tambahnya. Dunia medis internasional telah menyepakati tahapan pembuatan vaksin, dari mulai uji klinis sampai uji etik yang diselenggarakan Komisi Etik Penelitian. Semua tahapan ini, kata Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Ede Surya Darmawan, harus dilaksanakan dengan benar untuk mendapatkan obat yang aman dan efektif. Dengan semakin banyaknya apotek yang tergabung dalam Farma Plus, berarti memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan obat-obatan dengan cara yang cepat dan efektif.

Politik Obat Covid

Untuk tahap awal, Kalbe Farma menargetkan hanya memproduksi vaksin corona dengan skala kecil, maksimal 10 juta dosis. Ia optimistis Indonesia punya peluang untuk memperkuat ketahanan kesehatan masyarakat Indonesia, melihat berbagai upaya untuk mencari pengobatan yang terbaik dan pengembangan vaksin. Ditambah perubahan perilaku masyarakat yang terlihat dari kasus aktif corona di 46 kabupaten dan kota sudah di bawah 10%. Kolaborasi Universitas Airlangga , Badan Intelijen Negara dan TNI Angkatan Darat yang tengah mengembangkan obat virus corona atau Covid-19 menantik kontroversi dan sorotan publik. Kelompok-kelompok besar peneliti vaksin dan obat corona dinilai memiliki korelasi dengan kekuatan-kekuatan politik dan ekonomi. Jika uji klinis menunjukkan bahwa suatu vaksin COVID-19 aman dan efektif, serangkaian kajian independen atas bukti efikasi dan keamanan perlu dilakukan, termasuk kajian dan persetujuan regulator di negara di mana vaksin ini diproduksi, sebelum WHO mempertimbangkan prakualifikasi untuk suatu produk vaksin.

JAKARTA, KOMPAS.com – Klaim obat yang bisa menyembuhkan manusia dari virus corona (Covid-19) belakangan kerap muncul di Indonesia. Walaupun obat standar Covid-19 memiliki risiko kecil terkait efek negatif interaksi obat, tetapi Prof. Yahdiana tetap menekankan agar penggunaan obat tersebut tetap dikontrol. “Sekarang masyarakat kita, terutama yang isoman kan membeli sendiri-sendiri, yang obat keras juga dibeli harus dengan resep dokter, kemudian dia mengatur sendiri cara pemberian obatnya. Ia tetap mengapresiasi dan mendukung upaya anak bangsa menemukan obat dan vaksin Covid-19.

Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan, aturan ini memberi akses perluasan obat uji klinik untuk digunakan di sarana pelayanan kesehatan di bawah pengawasan dokter. Budhi mengatakan pertemuan difasilitasi oleh koleganya sesama dokter paru, yaitu Benyamin. Pertemuan dilanjutkan dengan berdiskusi bersama pejabat di Direktorat Kesehatan pada Direktorat Jenderal Kekuatan Pertahanan soal penggunaan ivermectin untuk obat Covid-19. “bertemu dengan Pak Prabowo lebih dulu, kelanjutannya di Dirkes Kemenhan,” kata Budhi, pada 1 Juli 2021. Selain politik, proses pengembangan vaksin dan obat Covid-19 ini juga bisa dilihat dari motif finansial atau bisnis. Pebisnis bisa berkolaborasi untuk kemudian menemukan vaksin dan menjadikan itu sebagai celah untuk dikomersilkan.