Menu Close

Ini Aturan Lengkap Ppkm Level Three Di Jawa

Kegiatan di pusat perbelanjaan/mall/pusatperdagangan ditutup sementara, kecuali akses untuk pegawai toko yang melayani penjualan online dengan maksimal tiga orang setiap toko. Restoran, grocery store, dan pasar swalayan diperbolehkan buka dengan memperhatikan prokes. Aktivitas konstruksi atau pembangunan masih berjalan sesuai agenda dan masih sesuai dengan aturan dari PPKM darurat Jawa-Bali ini.

Pasar rakyat yang menjual barang non kebutuhan sehari-hari dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen dan jam operasional sampai Pukul 15.00 waktu setempat. JAKARTA, investor.id – Presiden Joko Widodo menetapkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di Pulau Jawa dan Bali akan diperpanjang mulai 24 hingga 30 Agustus 2021. Ada beberapa daerah yang sudah bisa diturunkan PPKM degree four menjadi level three.

Pemerintah mengubah istilah pengetatan yang berlaku di Indonesia dari PPKM darurat menjadi PPKM stage three dan PPKM stage 4. Hal itu diatur dalam Instruksi Mendagri No.22 Tahun 2021. Beleid mengenai PPKM Jawa-Bali terbaru diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2021. Sesuai aturan itu, berikut ini daerah-daerah yang telah memasuki status PPKM stage 3. Indonesiabaik.id – Pemerintah kembali melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat untuk menekan penyebaran virus corona.

Untuk Pulau Jawa dan Bali, daerah yang tadinya level four berkurang dari sixty seven kabupaten/kota berkurang menjadi 51 kabupaten/kota. Level 3 bertambah dari fifty nine kabupaten/kota menjadi sixty seven kabupaten/kota. Presiden Joko Widodomulai melonggarkan beberapa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dari Level 4menjadi Level three hingga 30 Agustus. Ini setelah adanya penurunan kasus corona sejumlah wilayah di Jawa Bali. Daerah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi pun diturunkan statusnya menjadi PPKM Level 3 Slot Emoney. “Pengguna MRT Jakarta wajib menunjukkan bukti vaksin Covid-19 . Bukti yang ditunjukkan dapat berbentuk cetak maupun digital yang dikeluarkan oleh lembaga berwenang atau melalui aplikasi JAKI atau aplikasi PeduliLindungi,” tulis pengumuman di akun Instagram MRT Jakarta, dikutip Rabu.

PPKM level 3

“Instruksi Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 21 Juli 2021 sampai dengan tanggal 25 Juli 2021,” bunyi diktum ke-13 maupun diktum ke-23 dalam kedua Inmendagri tersebut, Rabu (21/7). Pemerintah telah menetapkan daerah-daerah yang menerapkan regulasi dalam PPKM Level four. Ridwan Kamil mengatakan, bahwa Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jabar menemukan korelasi cakupan vaksinasi dengan tingkat kematian. Dua daerah yang cakupan vaksinasi Covid-19 di atas 30 persen, yakni Kota Bandung dan Kota Cirebon, memiliki tingkat kematian yang rendah. Sedangkan enam daerah dengan cakupan vaksinasi Covid-19 terendah di Jabar mempunyai tingkat kematian yang tinggi. ‘Rakyat Tak Boleh Kelaparan’ Tetapi Berbeda Kondisi di Lapangan Sebanyak 94% responden dari hasil survei Trade Union Right Center dengan jaringan pekerja rumah di Indonesia, menyatakan belum mendapat bansos.

Pelaksanaan kegiatan makan dan minum ditempat umum seperti warung makan, rumah makan, restoran dan kafe dapat melayani makan ditempat atau dine in dengan kapasitas 50%. Untuk jam operasional sampai dengan pukul 21.00 WIB dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat. Termasuk syarat perjalanan dengan moda transportasi udara dan laut serta perjalanan orang masuk – keluar wilayah kota Ambon. Selain KBM, pelaksanaan kegiatan di tempat kerja maupun perkantoran diberlakukan 75% Work From Home dan 25% Work From Office dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat. Dan untuk pelaksanaan kegiatan pada sektor esensial tetap dapat beroperasi 100 percent dengan pengaturan jam operasional, kapasitas, dan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Sektor esensial lain juga dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen untuk staf yang berkaitan dengan pelayanan, dan 25 persen untuk pelayanan administrasi perkantoran. [newline]”Penetapan level wilayah sebagaimana berpedoman pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan,” bunyi Inmendagri Nomor 24 Tahun 2021, yang dikutip Medcom.id, Senin, 26 Juli 2021. Kabid Humas Polda Bengkulu Kombespol Sudarno S.Sos MH mengatakan Kebijakan PPKM Level 3-4 juga mengatur pembatasan kegiatan makan dan minum di lokasi-lokasi tempat makan umum seperti restoran, kafe, hingga warung makan. Selanjutnya untuk pelaksanaan kegiatan ibadah dapat mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah dengan pengaturan kapasitas 25 persen dan mengoptimalkan pelaksanaan ibadah dirumah, dengan memperhatikan pengaturan teknis dari Kementerian Agama.

Pesan-antar makanan sudah menjadi rutinitas baru, karena restoran atau rumah makan hanya menerima pesanan melalui aplikasi jasa pengantar makanan. Penentuan level berdasarkan kemampuan kapasitas respons sistem kesehatan seperti testing, tracing, dan perbandingannya dengan kapasitas pengobatan rumah sakit mengatasi tingkat transmisi penularan virus di satu wilayah. “Jam operasional ini berlaku untuk makan di tempat atau dibawa pulang, tanpa ada pembatasan waktu makan 30 menit seperti Instruksi Walikota sebelumnya,” timpal Sekot. Jika memang pelonggaran perlu dilakukan, Dicky berharap pemerintah dapat menerapkan secara merata. Sebagai contoh, jika suatu tempat bisa beroperasi dengan kapasitas 50%, maka angka tersebut harus ditetapkan dengan rata pada aktivitas lainnya.